Kegiatan PT Pusri dan Faperta Unib

Sampul Faperta Seminar PT.Pusri

Bengkulu. Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Tenaga Penjualan Daerah pada tanggal 24-28 Januari 2017 di Universitas Bengkulu, yang merupakan kerjasama dengan PT. Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) Palembang. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pemasaran pupuk yang dimiliki oleh PT. Pusri. Kegiatan yang diketuai oleh Dr. Bandi Hermawan, Dosen Prodi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unib, diikuti oleh 32 peserta.

Peserta pelatihan merupakan staf/karyawan tetap maupun tidak tetap, serta para distributor pupuk yang berasal dari wilayah Sumbagsel, seperti Kota Palembang, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Jambi, serta Bengkulu. Peserta dari Provinsi Bengkulu sebagian besar merupakan Asisten Lapangan (Aslap) Pupuk Urea PT. Pusri yang berasal dari wilayah kerja Mukomuko dan Bengkulu Utara, Aslap Kepahiang, Aslap Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur, serta Aslap Rejang Lebong dan Lebong.

Pelatihan ini diisi oleh para narasumber/instruktur yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Ada 15 tenaga ahli yang dilibatkan dalam kegiatan ini dan 10 diantaranya berasal dari Fakultas Pertanian Unib. Empat orang Tenaga Ahli berasal dari Prodi Agribisnis yang memberikan kompetensi Motivasi dan Character Building (Ir. Redy Badrudin, MM), Penyuluhan, Komunikasi, dan Pendidikan Orang Dewasa oleh Eko Sumartono, M.Sc., Negosiasi dan Advokasi Bisnis oleh Ir. Nusril, MMA., serta Manajemen Agribisnis oleh Apri Andani, M.Si. Disamping itu, kompetensi lainyang diberikan adalah tentang Budidaya Tanaman Tahunan (Prof. Alnopri) dan Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dr. Sumardi).

Kemudian dilanjutkan dengan penguatan keahlian pada bidangHara Tanaman dan Pemupukan oleh Ir. Hasanudin, MP., serta Prof. Zainal Muktamar yang menyampaikan materi tentang Rekomendasi Pemupukan (Analisa Tanah dan Tanaman) dan Praktek Penghitungan Kebutuhan Pupuk. Pada sesi terakhir, peserta dibekali dengan pengetahuan yang berkaitan dengan Perlindungan Tanaman yang disampaikan oleh Dr. Tunjung Pamekas dan Pengelolaan Hama Terpadu oleh Prof. Dwinardi Apriyanto. PT. Pusri juga menyediakan beberapa tenaga ahli yang memberikan pengetahuan kepada peserta tentang Teknik Produksi Urea dan NPK, Pengenalan Produk Pestisida, Produk Riset, Produk Ritel, serta Integrated Agribusiness Solution Program.

Selain in class training, peserta juga diajak untuk melakukan pengamatan langsung ke lapangan pada hari ke-3 kegiatan pelatihan. Lokasi yang dipilih oleh panitia adalah Desa PAL VII di Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong. Petani yang dikunjungi adalah petani jeruk Gergah dan petani padi.

Kegiatan pelatihan kemudian ditutup dengan aktivitas outbound yang dilakukan pada hari terakhir, Sabtu, 28 Januari 2017 di komplek Outbound Jenggalu, Kota Bengkulu. Aktivitas outbound ditujukan untuk memberikan motivasi kepada peserta pelatihan dan mendorong kerjasama tim agar dapat berprestasi lebih baik lagi kedepannya sehingga penjualan pupuk PT. Pusri meningkat.

Pada sesi terakhir outbound, peserta diminta untuk memberikan tanggapannya terkait dengan pelatihan yang baru selesai dilaksanakan. Peserta berpendapat bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat dan diharapkan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan. PT. Pusri kedepan juga berencana bahwa pelatihan semacam ini tidak hanya untuk staf penjualan dan distributor saja, tapi juga akan diberikan kepada para pengecer. (AA)