Praktek Laut, Kunjungan Instansi Oleh Mahasiswa Ilmu Kelautan Unib

Untitled-1

Pada tanggal 22-31 Januari 2017 mahasiswa/i Ilmu Kelautan Universitas Bengkulu angkatan 2013 mengadakan kunjungan instasni dan beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan kelautan dan perikanan yang ada di Jakarta, Lombok-NTB, Bali, dan Yogyakarta. Kunjungan instansi ini merupakan bagian dari perkuliahan mata kuliah Praktek Laut/Praktek Lapang. Kegiatan kunjungan instansi ini dipimpin langsung oleh Ir. Dede Hertono, MT. selaku ketua Prodi serta didampingi oleh dosen N. Ervina Herliany, M.Si., Eko Nofridiasnyah, S.Pi., M.Sc., Bertoka SF Negara, S.Kel., M.Si., Aradea Bujana Kusuma, S.Si., M.Si.

IMG_4043

Instansi pertama yang dikunjungi adalah Balai Perikanan Budidaya Laut Lombok. Setelah disambut oleh Kasi KTTS, Dwi Atmoko, ST. Mahasiswa/i selanjutnya mendengarkan presentasi. Mahasiswa/i kemudian diajak untuk berkeliling dan melihat segala macam yang ada di Balai Budidaya Laut Lombok mulai dari rumput laut, Abalone, Fin Fish, Tiram Mutiara.

IMG_4061

Selanjutnya mahasiswa mengunjungi Balai Bio Industri Laut LIPI disambut oleh Hendra Munandar, M.Si., selaku kepala balai. Mahasiswa/i dikumpulkan diaula pertemuan untuk mendengarkan presentasi selanjuntya berdiskusi kepada perwakilan pemateri dari instansi. Mahasiswa/i kemudian berkeliling untuk melihat apa saja keseharian yang dilakukan di Balai Bio Industri Laut yang didampingi oleh perwakilan instansi.

IMG_5207

Kunjungan instansi di Bali yakni di Balai Pengelolaan Mangrove, namun pada saat kunjungan hanya berkeliling pada mangrove tracking karena pada hari itu kebijkan Pemeritah Daerah Bali diliburkan. Instasni terakhir yang dikunjungi adalah Pustekdata LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Setelah disambut oleh kepala bagian, mahasiswa/i selanjutnya mendengarkan presentasi dari TIM Peneliti LAPAN. Topik pembahasan mengenai aplikasi penginderaan jauh, salah satunya adalah Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Mahasiswa kemudian melakukan diskusi dan tanya jawab yang dilakukan setelah pemaparan dari para tim peneliti.

IMG_5230
Selanjutnya mahasiswa/i mengunjungi ruang-ruang kerja yang ada, meliputi Ruang Kontrol (Control Room), Ruang Server (Database), dan Pusat Pelayanan Data (Data Center). Dari hasil kunjungan instansi ini mahasiswa/i diharapkan mendapatkan pengetahuan serta wawasan tambahan tentang bidang penginderaan jauh , alur/ prosedur permintaan data. serta mengetahui proses-proses pengolahan data hingga menjadi produk hasil (peta, buku, dsb).
Kerjasama ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh Ilmu Kelautan Unib. Pada tahun tahun sebelumnya kerjasama dalam bentuk yang sama. Kerjasama lain yakni mahasiswa yang melakukan magang di Pustekdata LAPAN. [Penulis: Apriliansyah]