Mahasiswa dan Alumni FAPERTA UNIB Dipanggil Untuk Terlibat Dalam Kegiatan Pendampingan/Pengawalan APBN-P Tahun 2017 Kementerian Pertanian

Pertanian Sampul

Merujuk pada Buku Panduan Rapat Koordinasi Teknis Pelaksanaan Pendampingan/Pengawalan Kegiatan APBN-P Tahun 2017 (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, 2017), diketahui bahwa Kementerian Pertanian di tahun 2017 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) mengalokasikan kegiatan dan anggaran untuk memperkuat perbenihan/perbibitan komoditas Tanaman Pangan (kedelai), Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan (sinkronisasi akseptor Inseminasi Buatan atau peningkatan kinerja Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting/SIWAB).

Guna mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan APBN-P tahun 2017 tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Badan PPSDMP) mendapat mandat melaksanakan pengawalan dan pendampingan kepada petani dan kelompok tani (poktan) penerima manfaat program. Demikian pula dengan pengawalan dan pendampingan akseptor intensifikasi kawin alam (INKA). Dalam melaksanakan pengawalan kegiatan APBN-P tahun 2017, Badan PPSDMP melibatkan berbagai komponen pelaksana termasuk Perguruan Tinggi Mitra. Sebagai pelaksana pendampingan ke petani dan poktan maka dilibatkan dosen, alumni dan mahasiswa tingkat akhir dari Perguruan Tinggi Mitra.

Untuk itu sebagai salah satu Perguruan Tinggi Mitra, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu melalui pengumuman nomor 2112/UN30.11/DT/2017 tanggal 11 September 2017 lalu telah menghimbau kepada alumni Fakultas Pertanian UNIB dan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pertanian UNIB untuk berpartisipasi sebagai pelaksana pendamping petani dan poktan tersebut. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengirimkan hasil scan dari dokumen lamaran melalui e-mail ke panitia seleksi dan rekruitmen di alamat: m.romdhon@unib.ac.id paling lambat tanggal 15 September 2017.

Alumni dan mahasiswa tingkat akhir akan mendapatkan berbagai keuntungan apabila terlibat sebagai pendamping penyuluh. Selama 2 bulan kegiatan pendampingan, alumni dan mahasiswa akan mendapatkan pelajaran berharga berupa pengalaman berinteraksi secara langsung dengan petani, belajar lebih dalam tentang perbenihan/perbibitan komoditas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan (sinkronisasi Inseminasi Buatan), termasuk biaya hidup dan transportasi. Untuk keterangan lebih lanjut silakan lihat pengumman di bawah ini. [hdp]

Klik link berikut untuk melihat syarat – syarat yang dibutuhkan : Download