Fakultas Pertanian UNIB Kawal Program APBN-P Tahun 2017 Kementerian Pertanian Republik Indonesia

Pertanian Sampul

Sebanyak 106 peserta yang terdiri atas 6 orang dosen pembimbing, 60 orang mahasiswa tingkat akhir dan alumni Fakultas Pertanian serta 40 orang pemuda tani (GEMPITA), pada hari Sabtu tanggal 30 September 2017 bertempat di GKB 1 kampus Universitas Bengkulu telah mengikuti kegiatan Bimtek Program Pendampingan/Pengawalan Kegiatan APBN-P Tahun 2017. Selama 1 hari, peserta mendapatkan pengarahan dan tutorial kegiatan yang akan dilakukan di lapangan.

alumni2

Kegiatan Bimtek dibuka secara resmi oleh Ir. Fahrurrozi, M.Sc., Ph.D selaku Dekan Fakultas Pertanian dan dihadiri oleh Ketua STPP Bogor Ir. Nazaruddin, MM dan timnya serta utusan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu dan drh. A. Majestika, M.Si Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Turut hadir Penanggung Jawab Program Heri Dwi Putranto, S.Pt., M.Sc., Ph.D serta Ketua Pelaksana Dr. M. Mustopa Romdhon, S.P., M.Si.

alumni

Dalam pengarahannya, Dekan menyatakan dukungan institusi dalam hal ini Fakultas Pertanian UNIB terhadap pelaksanaan program pendampingan/pengawalan. Mengingat waktu persiapan hingga pelaksanaan kegiatan yang cukup pendek, Dekan mengingatkan agar dosen pembimbing, mahasiswa dan alumni serta pemuda tani dapat bekerja seefisien mungkin serta segera beradaptasi dengan dinamika kerja pendampingan petani bersama penyuluh pertanian dan petugas inseminator di lapangan. Ketua Pelaksana pada kesempatan ini melaporkan tentang detil penugasan komoditi yang dikawal serta lokasi kegiatan. Dijelaskan oleh Dr. Mustopa bahwa Provinsi Bengkulu mendapatkan penugasan untuk komoditi kedelai, karet, kopi dan IB ternak. Lokasi tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

alumni3

Pada kesempatan Bimtek ini, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu memaparkan tentang upaya Upsus Siwab serta data target sapi betina bunting di Provinsi Bengkulu. Sedangkan perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu memaparkan  tentang data CPCL setiap komoditi di setiap kabupatennya. Selanjutnya narasumber dan fasilitator Bimtek lainnya yang terdiri dari Ketua STPP Bogor, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FP, Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian FP, dan dosen Prodi Agribisnis Apri Andani, S.P., M.Si serta dosen Prodi Agroekoteknologi Ir Supanjani, M.Sc., Ph.D memaparkan tentang teknis pelaksanaan pendampingan serta pengetahuan singkat tentang komoditas tanaman dalam 6 sesi pertemuan dengan peserta baik mahasiswa tingkat akhir, alumni, pemuda tani dan dosen pembimbing lapangan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Pertanian di tahun 2017 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) mengalokasikan kegiatan dan anggaran untuk memperkuat perbenihan/perbibitan komoditas Tanaman Pangan (kedelai), Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan (sinkronisasi akseptor Inseminasi Buatan atau peningkatan kinerja Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting/SIWAB). Kegiatan ini melibatkan berbagai komponen pelaksana termasuk Perguruan Tinggi Mitra. Sebagai pelaksana pendampingan ke petani dan poktan maka dilibatkan dosen, alumni dan mahasiswa tingkat akhir dari Perguruan Tinggi Mitra. [hdp].