Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

SELAMAT! ‘A’ UNTUK AGROEKOTEKNOLOGI!

//SELAMAT! ‘A’ UNTUK AGROEKOTEKNOLOGI!

SELAMAT! ‘A’ UNTUK AGROEKOTEKNOLOGI!

Berita menggembirakan datang dari Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Prodi yang berdiri pada tahun 2009 dengan mahasiswa/i tahun 2008 sebagai angkatan pertama ini telah melaksanakan reakreditasi dan mendapat peringkat A (Sangat Baik). Dan hal ini tentunya meningkat dari peringkat sebelumnya yang mendapat B. Demikian disampaikan oleh Ketua Prodi Agroekoteknologi, Dr. Ir. Uswatun Nurjanah, MP. di ruang kerjanya kemarin (15-11-2017).

A

Ketua Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Dr. Ir. Uswatun Nurjanah, MP., berfoto di depan karangan bunga

Sebelumnya, Prodi Agroekoteknologi yang terakreditasi B hingga tertanggal 21 Februari 2018 mengajukan reakreditasi pada Maret 2017. Reakreditasi ini dilakukan oleh BAN-PT dengan mencakup 7 standar mutu, yaitu (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian; (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaa, dan penjaminan mutu; (3) kemahasiswaan dan lulusan; (4) sumber daya manusia; (5) kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; (6) pembiayaan, prasarana, sarana, dan sistem informasi; dan (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama. Sebagai tindak lanjut, BAN-PT mengirimkan dua orang asesor untuk melakukan kegiatan Visitasi/Asesman Lapangan yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Oktober 2017. Adalah Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si dan Dr. Ir Tamad, M.Si yang datang dan melakukan visitasi tersebut.

Visitasi secara resmi dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2017 bertempat di Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Pada kesempatan tersebut, kedua  asesor juga berkeliling untuk menyaksikan secara langsung kegiatan mahasiswa dan kebun percobaan Agroekoteknologi dalam rangka verifikasi dan validasi. Berdasarkan diskusi dan klarifikasi yang dilakukan, selanjutnya penilaian semua standar ditotalkan  hingga dituangkan dalam status mutu  program studi.

Setelah kegiatan visitasi dilakukan, hasil reakreditasi Prodi Agroekoteknologi keluar sebulan kemudian dengan nilai sebesar 364 dan mendapat peringkat A. Status mutu tersebut turut dituangkan dalam Keputusan BAN-PT No 4115/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 yang berlaku hingga 31 Oktober 2022.  Dengan peningkatan peringkat akreditasi ini, maka Prodi Agroekoteknologi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sehingga diharapkan Prodi Agroekoteknologi semakin mampu berkiprah dalam peningkatan kualitas SDM dan teknologi-teknologi dalam bidang pertanian. [vh]

By | 2018-04-06T11:06:51+00:00 November 16th, 2017|Categories: Berita|Tags: , |0 Comments