Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

Dosen FP Kembali Mendapatkan Hak Pendaftaran dan Perlindungan Varietas Tanaman

//Dosen FP Kembali Mendapatkan Hak Pendaftaran dan Perlindungan Varietas Tanaman

Dosen FP Kembali Mendapatkan Hak Pendaftaran dan Perlindungan Varietas Tanaman

Pada hari Rabu, 6 Desember yang lalu, dalam acara PVTPP Goes to Campus, di Gedung Samantha Krida Universitas Berawijaya, Malang, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Prof. (R). Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si. menyerahkan sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman dan sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman terhadap varietas cabai dan jagung hasil perakitan yang dilakukan oleh para dosen Fakultas Pertanian.

Sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman diberikan kepada Universitas Bengkulu, sebagai pemegang hak PVT, untuk tanaman cabai dengan nama varietas UNIB C GTS1 dengan nomor 00407/PPVT/S/2017, tertanggal 20 Oktober dan masa perlindungan selama 20 tahun.  Varietas ini merupakan hasil kerja para pemulia dosen Faklutas Pertanian, yakni Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, MS, Ir. Dotti Suryati, M.Sc., Dr. Ir. Tujung Pamekas, M.Sc., Ir. Hasanudin, MP., r, Ir. Mohammad Chozin, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Alnopri, MS. Sertifikat diterima langsung oleh Dekan Fakutas Pertanian, mewakili Rektor Universitas Bengkulu.  Sedangkan sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman juga diberikan kepada Universitas Bengkulu, sebagai pemohon, untuk tanaman jagung dengan nama varietas UNIB CT30 dengan nomor 529/PVHP2017, tertanggal 25 September.  Varietas ini merupakan hasil rakitan dari Dr. Ir. Rustikawati, MS, Dr. Ir. Catur Herison, M.Sc., Ir. Eko Supriyono, MP., dan Dr. Ir. Suprapto, M.Sc.   Sertifikat diterima langsung oleh Wakil Dekan bidang Akademik, mewakili Dekan Fakutas Pertanian.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, mewakili Menteri Pertanian. Setelah denyerahan sertifikat, acara dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema “Menata Pengembangan Plasma Nutfah dan Varietas Lokal Indonesia” dan menampilkan 3 narasumber dari LIPI, UNPAD dan Universitas Berawijaya. Talkshow yang dihadiri oleh Bupati, Dekan FP, pimpinan Lembaga Penelitian penerima sertifikat, serta peneliti, dosen, mahasiswa, pihak industri benih dan praktisi pertanian, dipimpin lansung oleh Kepala PVPPT Kementan RI.

Dekan Faklutas Pertanian Universitas Bengkulu menyampiakan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada para pemulia tanaman dan semua pihak yang telah membantu  dalam proses penelitian  hingga pendaftaran. Penerimaaan sertifikat ini merupakan tambahan koleksi sertifikat serupa yang sudah diperoleh di tahun-tahun sebelumnya. Semoga hasil kinerja para pemulia Faklutas Pertanian memberikan  kontribusi signifikan dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan swasembaga benih di Indonesia. (FR).

qq

By | 2018-04-06T10:55:01+00:00 December 7th, 2017|Categories: Berita|Tags: |0 Comments