Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

KULIAH UMUM INTERNASIONAL “Current and Future Trend of Organic Crop Production”

//KULIAH UMUM INTERNASIONAL “Current and Future Trend of Organic Crop Production”

KULIAH UMUM INTERNASIONAL “Current and Future Trend of Organic Crop Production”

Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Bengkulu mengadakan kuliah umum internasional pada hari Selasa, 13 Maret 2018. Kuliah umum ini bertema “Current and Future Trend of Organic Crop Production” dengan pembicara Dr. Kaseem Soytong. Beliau merupakan presiden dari Assosiation of Agricultural Technology in Southeast Asia (AATSEA) dan berasal dari King Mongkut’s Institute of Technology Landkrabang, Thailand.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat III Rektorat UNIB pukul 08.00 – 10.00 WIB dengan moderator Prof. Ir. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik,  Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, PhD dengan sambutan singkat. Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dekan FAPERTA dan jajarannya, dosen dan mahasiswa FAPERTA.

Dalam topik pertanian organik di masa sekarang dan di masa yang akan datang, Dr. Kaseem  menitik beratkan bahwa pertanian pada zaman dahulu tidak menggunakan bahan-bahan anorganik. Akan tetapi hasil pertanian yang dihasilkan tetap baik. Namun, pada saat ini, untuk meningkatkan produksi maka banyak sekali kegiatan pertanian yang menggunakan bahan kimia buatan. Kegiatan seperti ini menimbulkan banyak dampak negatif bagi manusia dan lingkungan.

Selanjutnya, beliau juga meyampaikan beberapa contoh pertanian organik yang sudah dilakukan di Thailand dengan hasil yang sangat baik dan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan dengan pertanian yang menggunakan bahan kimia buatan. Pertanian masa depan adalah pertanian berbasis teknologi dan bioteknologi sehingga mengurangi penggunaan bahan – bahan anorganik, misalnya pestisida.

Setelah sesi paparan pembicara, dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para peserta dan pada akhir sesi, kegiatan ditutup oleh moderator dan diakhiri dengan foto bersama peserta kuliah umum di Ruang Rapat III Rektorat UNIB. (PPR).

By | 2018-04-05T01:08:39+00:00 March 14th, 2018|Categories: Berita|Tags: |0 Comments