Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

BKIPM GOES TO CAMPUSS

//BKIPM GOES TO CAMPUSS

BKIPM GOES TO CAMPUSS

Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Bengkulu bekerjasama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bengkulu mengadakan Kuliah Umum dengan tema Pemanfaatan Sumberdaya Kelautan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 23 April 2018 bertempat di Gedung LPPM lantai 2, dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FAPERTA, mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Kelautan, Organisasi Mahasiswa (ORMAWA), perwakilan dari  BKIPM Bengkulu dan perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Ilmu Kelautan UNIB dan Mars BKIPM.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bupati Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAILKA) UNIB (Pinsi Hariman), Ketua Program Studi Prodi Ilmu Kelautan (Ir. Dede Hartono, MT), Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Ardinan Pribadi, S.St.Pi., M.Pi) dan Wakil Dekan Bidang Akademik FAPERTA (Heri Dwi Putranto, S.Pt., M.Sc., Ph.D) yang sekaligus membuka acara Kuliah Umum ini. Semua berharap agar kerjasama antara BKIPM dan Prodi Ilmu Kelautan FAPERTA terus berlanjut dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara bersama.

Kuliah Umum dipandu oleh moderator dari Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan, Dewi Purnama, S.Pi., M.Si.  Pemateri dalam Kuliah Umum ini berasal dari tiga instansi yaitu Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Periakan Provinsi Bengkulu,Ivan Syamsurizal, ST., MT ; Kepala Stasiun KIPM,  Ardinan Pribadi, S.St.Pi., M.Pi ; Dosen Prodi Ilmu Kelautan, Dr. Yar Johan, S.Pi., M.Si.

Ketiga pemateri menyampaikan judul yang berbeda. Ivan menyampaikan tentang dasar hukum, kriteria mutu, strategi pengembangan jenis dan jaminan mutu produk kelautan dan perikanan. Ardinan memaparkan tentang keberadaan Stasiun KIPM Bengkulu terhadap lalu lintas produk perikanan. Sedangkan Yar Johan memberikan materi tentang konservasi sumber daya alam; pemanfaatan sumber daya kelautan dengan pendekatan ekowisata bahari Pulau Enggano.

Setelah pemaparan selesai, maka dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, terlihat mahasiswa sangat antusias dalam memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada BKIPM dan DKP. (PPR).

By | 2018-04-24T11:40:44+00:00 April 24th, 2018|Categories: Berita|Tags: , |0 Comments