Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

Pertemuan Bilateral FP UNIB – Duta Besar Timor-Leste

//Pertemuan Bilateral FP UNIB – Duta Besar Timor-Leste

Pertemuan Bilateral FP UNIB – Duta Besar Timor-Leste

Tim Kerjasama Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (FP UNIB) yang terdiri atas Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Heri Dwi Putranto, S.Pt., M.Sc., Ph.D), Wakil Dekan Bidang Akademik (Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S), Ketua Program Studi Pascasarjana Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam (Dr. Ir. Bieng Brata, M.P) serta Ketua Program Studi Pascasarjana Magister Agribisnis (Dr. Ir. Irnad, M.Sc) pada hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 pukul 10.00 wib telah diterima secara langsung oleh Bapak Alberto X.P. Carlos Duta Besar Republik Demokratik Timor-Leste di Kedutaan Besar Republik Demokratik Timor-Leste di Gedung Mayapada Tower di Jakarta.

Gambar 1. Ki-Ka: Dr. Irnad, M,Sc., Dr. Dwi Wahyuni G., Mr. Alberto Carlos, Heri Dwi Putranto, Ph.D dan Dr. Bieng Brata.

Maksud dan tujuan pertemuan bilateral antara pihak FP UNIB yang dipimpin oleh Heri Dwi Putranto dengan pihak Kedutaan Besar Timor-Leste adalah sebagai media dari hasil komunikasi yang telah dibangun selama ini antara kedua belah pihak. Pertemuan juga dimaksudkan sebagai inisiasi dan penjajakan kerjasama dalam bidang pendidikan terutama untuk ilmu-ilmu pertanian.

Selama hampir 100 menit, pertemuan diisi dengan presentasi tentang Fakutas Pertanian khususnya dan Universitas Bengkulu pada umumnya juga dilanjutkan dengan diskusi hangat dan bersahabat antara Duta Besar dan Tim Kerjasama FP UNIB. Duta Besar sangat antusias dalam merespon tujuan FP UNIB untuk mengundang calon-calon mahasiswa dari Timor-Leste untuk menimba ilmu di 8 Prodi Sarjana (S1) dan 3 Prodi Magister (S2) FP UNIB. Beliau juga sangat mengapresiasi FP UNIB yang segera akan memiliki Program Pascasarjana Doktoral (S3) Ilmu-Ilmu Pertanian.

Pada kesempatan ini pula Duta Besar memaparkan tentang Timor-Leste serta potensi sumberdaya alamnya seperti pertambangan minyak dan gas yang menjadi sumber utama bagi pendapatan nasional negara. Turut dibahas tentang potensi wilayah-wilayah di Timor-Leste sehubungan dengan kondisi pertanian, kehutanan, peternakan dan lain sebagainya. Bapak Alberto Carlos mengatakan: “Timor-Leste sudah saatnya untuk menaruh perhatian secara lebih serius kepada bidang pertanian. Mengingat sumberdaya pertambangan yang dapat saja habis pada suatu waktu, maka generasi muda Timor-Leste harus dapat belajar tentang ilmu pertanian kepada negara tetangga terdekatnya yaitu Indonesia. Kedatangan FP UNIB ke Timor-Leste nantinya harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk generasi muda untuk sama-sama belajar mengembangkan potensi wilayah dan pertanian untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pangan nasional Timor-Leste”.

Pada akhir pertemuan, Duta Besar menyatakan keinginannya untuk dapat mengunjungi Universitas Bengkulu dalam waktu dekat. Sekaligus juga beliau mengundang FP UNIB untuk bertemu secara langsung dengan pihak Kementerian Pendidikan Timor-Leste dan institusi pendidikan tinggi di kota Dili, ibukota Negara Timor-Leste. [hdp]

By | 2018-10-18T08:55:44+00:00 October 18th, 2018|Categories: Berita|0 Comments