Call Us Today! +62 736 21290 / 21170|faperta@unib.ac.id

Program BINA DESA NASIONAL Oleh BEM FP KBM UNIB dan IBEMPI

//Program BINA DESA NASIONAL Oleh BEM FP KBM UNIB dan IBEMPI

Program BINA DESA NASIONAL Oleh BEM FP KBM UNIB dan IBEMPI

Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia yang disingkat IBEMPI bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (BEM FP UNIB) mengadakan kegiatan nasional bagi mahasiswa pertanian se Indonesia yaitu Bina Desa Nasional. Kegiatan Bindesnas ini merupakan salah satu program kerja IBEMPI dan FP UNIB menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Kegiatan nasional ini diikuti oleh sekitar 75 orang peserta yang berasal dari 21 Fakultas Pertanian se Indonesia antara lain Universitas Syiah Kuala, UIN Sultan Syarif Kasim, Universitas Riau, Universitas Andalas, Universitas Sriwijaya, Universitas Bangka Belitung, Universitas Bengkulu, Universitas Dehasen Bengkulu, Institut teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Borneo Tarakan, Universitas tanjung Pura,  STIPER Berau,  Universitas Antakusuma Pangkalan Bun, Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Mataram.

Rangkaian kegiatan Bindesnas telah dimulai sejak tanggal 30 Oktober 2019 dengan kegiatan Seminar Nasional dan kegiatan lapangan yang berpusat di Desa Sumbersari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang hingga tanggal 3 November 2019. Selama 4 hari peserta akan tinggal bersama keluarga petani di desa dan bersama-sama berdiskusi serta memetakan potensi agrowisata desa setempat.

Rangkaian kegiatan Bindesnas dibuka secara resmi oleh Walikota Bengkulu yang diwakili oleh Asisten 1 Pemerintah Kota Drs Bujang H.R., dan peserta langsung mengikuti Seminar Nasional yang berlangsung di Aula Hidayah Gedung Kantor Walikota. Seminar yang bertemakan “Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Meningkatkan Pengetahuan Serta Jiwa Enterpreneur Untuk Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan” ini menampilkan 3 orang narasumber yaitu Dr. Putri Suci Asriani, S.P,.M.P dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu yang membawakan makalah berjudul “Wirausahawan Mahasiswa dan Optimalisasi Potensi Desa”. Narasumber kedua adalah Darwan Ginting, S.Pt., M.Si. seorang Widyaiswara Madya Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bengkulu yang membawakan makalah berjudul “Peluang dan Tantangan Dalam Dunia Kerja Bidang Pertanian”. Pemakalah ketiga adalah Nanda Putra  seorang Co-Founder dan CEO Tanijoy yang membawakan makalah berjudul “Investing in Smallholders Farmer’s Future”.

Dalam sambutannya, Putra Meza Ramadhan Presidium Nasional I dari IBEMPI yang juga sekaligus Ketua BEM Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama panitia pelaksana serta Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu sebagai tuan rumah. Ia juga mengajak seluruh peserta untuk mematuhi aturan selama pelaksanaan kegiatan serta bersama-sama belajar untuk membangun serta membina desa serta petani dan keluarganya sesuai dengan tujuan dan semangat kegiatan Bina Desa Nasional. [hdp]

Undangan yang menghadiri acara ini antara lainnya seperti Walikota Bengkulu, Kasubbag Kemahasiswaan, Wakil Dekan Kemahasiswaan, Delegasi Hima di Universitas Bengkulu, dan juga para peserta Bina Desa Nasional. Peserta yang mengahdiri acara ini kurang lebih ada 75 orang peserta. Peserta dari seminar Nasional ini berasal dari peserta Bindesnas yang sedang berlangsung dari IBEMPI .Namun juga dibuka untuk umum mahasiswa Fakultas Pertanian di Universitas Bengkulu. Peserta dari seminar ini bukan hanya dari Universitas Bengkulu saja namun ada kurang lebih 19 Universitas dari Indonesia seperti dari Universitas Jember, Institut Pertanian Bogor, Stiper Berau, Universitas Mataram, Universitas Andalas, Universitas Tanjungpura, Institut Teknologi Bandung, Universitas Riau, Universitas Dehasen, Universitas Padjadjaran, Universitas Bangka Belitung,Universitas Antakusuma, Universitas Borneo Tarakan, Uin Sultan Syarif Kasim, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

By | 2019-10-31T22:49:56+00:00 October 31st, 2019|Categories: Berita|0 Comments