Lab. Peternakan

Laboratorium Peternakan terdiri atas satu Laboratorium Induk dan 7 laboratorium khusus yaitu : Laboratorium Sosek Peternakan, Laboratorium Reproduksi Ternak, Laboratorium Pemuliaan Ternak, Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Laboratorium Produksi Ternak, dan Laboratorium Pengelolaan Sumber Daya Alam Hayati

Penelitian Unggulan
Kegiatan penelitian yang utama adalah peningkatan produksi ternak di daerah tropis basah; nutrisi makanan ternak; dan pemuliaan ternak. Secara khusus kajian-kajian yang dikembangkan adalah : teknologi formulasi ransum berbasis sumber daya lokal, pengelolaan padang penggembalaan, teknologi fermentasi bahan makanan ternak, teknologi penetasan telor, pengembangan ayam buras secara intensif, penggemukan sapi potong, pengembangan rumah potong ayam, pemuliaan ternak, inventarisasi potensi sumber daya ternak dan studi kelayakan pengembangan usaha peternakan.

Layanan Kepada Masyarakat atau Instansi Terkait
Layanan kepada Masyarakat antara lain adalah pengujian kualitas pakan; formulasi ransum, jasa konsultasi manajemen peternakan yang meliputi kandang, pakan, perkembangbiakan, produksi hijauan pakan, dan jasa konsultasi kesehatan hewan. Jasa analisa yang dapat diberikan adalah analisa nutrisi ternak, analisis lingkungan mikro kandang, analisis kualitas karkas ayam potong, recording ternak dan analisis lingkungan perairan/tambak. Teknologi tepat guna yang sudah dihasilkan adalah urea molasis block, alat pengaduk ransum, alat pengolah tepung ikan, alat penetas telur, alat deteksi daya tetas telur, pupuk organik, teknologi budidaya walet dan teknologi budidaya ikan.