Lab. Teknologi Industri Pertanian

Laboratorium Teknologi Industri Pertanian terdiri atas 1 laboratorium Induk dan 4 Laboratorium Khusus yaitu Laboratorium Sistem Industri, Laboratorium Bioindustri dan Keamanan pangan, Laboratorium Alat dan mesin Pertanian, dan Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Pangan.

Penelitian Unggulan
Penelitian di laboratorium ini dikonsentrasikan pada kimia dan biokimia pangan; mikrobiologi pangan; gizi pangan dan gizi klinis; rekayasa dan keteknikan pangan, rekayasa alat mesin, sifat fisik pangan dan produk pertanian.

Layanan Kepada Masyarakat atau Instansi Terkait
Layanan Kepada Masyarakat antara lain adalah jasa konsultasi peningkatan mutu pengolahan hasil pertanian; jasa konsultasi penanganan limbah industri pertanian; penyelenggaraan pelatihan penanganan pasca panen; penyelenggaraan pelatihan fermentasi bahan baku pangan; dan penyelenggaraan pelatihan Perkumpulan Petani pemakai Air (P3A), konsultasi operasi dan perawatan alat mesin pertanian. Analisa mutu minyak atsiri, minyak sawit, nilam, kopi, coklat dll. Analisa limbah (C, O2, Fe, COD, BOD dll). Analisa mikrobiologi pangan dan hasil pertanian. Analisa produk pertanian segar (sayuran dan buah-buahan). Pengujian sensoris, packaging produk pertanian dan pangan dan analisa mutu produk olahan.

Paket teknologi yang ditawarkan antara lain : pengering bertenaga matahari untuk pengeringan ikan, disain rotary dryer, sortasi kopi segar, aneka produk olahan, aneka kemasan produk, teknologi proses dan penyulingan dan pengujian kualitas minyak atsiri.